Melaju ke Babak 6 besar Liga Champions

Chelsea  Tundukkkan Dinamo Zagreb 2-1

Pemain Chealsea berduel dengan pemain Dinamo Zagreb di Stamford Bridge, Inggris, Kamis (3/11/2022) dini hari WIB.

Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)-- Chelsea memastikan status juara Grup E saat melaju ke babak 16 besar Liga Champions 2022/2023. Di laga pamungkas, Chelsea sukses menang 2-1 atas Dinamo Zagreb di Stamford Bridge, Inggris, Kamis (3/11/2022) dini hari WIB.Tiga gol tersebut tercipta di babak pertama. Zagreb lebih dulu unggul di menit ke-7 melalui sundulan dari Bruno Petkovic. Chelsea kemudian berbalik unggul, masing-masing melalui Raheem Sterling di menit ke-18, kemudian Denis Zakaria di menit ke-30.Peluang Chelsea jauh lebih banyak di babak kedua. Sayangnya seluruh peluang tersebut, terutama yang tepat sasaran, gagal jadi gol. Kipernya Zagreb, Dominik Livakovic berulang kali mengamankan gawangnya dari kebobolan ketiga.Tambahan tiga poin membuat Chelsea mantap di puncak klasemen Grup E. dengan koleksi 13 poin. Zagreb tersingkir dari Liga Champions dan tidak lolos ke play-off Liga Europa karena berakhir di posisi juru kunci dengan koleksi hanya empat poin.


Zagreb langsung memanfaatkan serangan pertamanya menjadi gol di menit ke-7. Petkovic sukses memanfaatkan pertahanan Chelsea yang tak solid untuk menyundul bola masuk ke dalam gawang.Chelsea baru mendapatkan tembakan pertamanya di menit ke-16. Umpan silang dari Kai Havertz mampu mencapai Raheem Sterling. Dengan tendangan first-time, Sterling coba menembak, tetapi bolanya melambung.Kesempatan kedua Sterling di menit ke-18 sukses berbuah gol untuk menyamakan kedudukan. Berawal dari backheel Pierre-Emerick Aubameyang, Sterling dengan cepat menerima bola tersebut, menggocek satu pemain, dan melepas tendangan kaki kiri ke sudut kanan bawah gawang Zagreb.

Chelsea berbalik unggul di menit ke-30. Gol dicetak oleh pemain debutan, Denis Zakaria. Ia memanfaatkan bola liar hasil umpan cutback dari Havertz yang dipotong pemain Zagreb dengan tendangan mendatar sekali sentuhan.Pertandingan di 45 menit pertama jadi milik Chelsea. Keunggulan 61 persen penguasaan bola membantu Chelsea lebih mudah mengontrol permainan untuk membongkar pertahanan kubu tamunya itu. Tetapi Zagreb yang hanya dapat satu peluang justru bisa mengonversinya jadi gol.


Zagreb langsung memberi kejutan di menit ke-49. Dari situasi tendangan sudut, Josip Sutalo menjangkau bola paling tinggi dan leluasa mengarahkan bola ke gawang, namun kiper Mendy mampu melakukan penyelamatan yang memukau.Giliran Chelsea yang mengancam di menit ke-52. Tendangan jarak jauh Aubameyang dari jarak sekitar 20 yards tak dapat dijangkau kiper Livakovic. Sayangnya, bola justru membentur mistar bagian atas.Menit ke-57, Livakovic kembali lakukan penyelamatan untuk amankan gawang Zagreb. Sundulan terarah dari Havertz terlalu lemah, sehingga mudah untuk dihentikan.

Chelsea juga menciptakan peluang lagi di menit ke-75 dari situasi tendangan bebas langsung. Livakovic melakukan fingertip untuk menghalau bola tendangan dari Mason Mount masuk.Livakovic kembali memaksa pertandingan berakhir dengan skor 2-1 saja. Ia melakukan penyelamatan gemilang lagi di menit ke-90+2 dari tendangan jarak dekat yang dilepaskan Conor Gallagher.(Net/Hen)


Susunan Pemain

Chelsea (3-4-2-1): Edouard Mendy; Cesar Azpilicueta, Kalidou Koulibaly, Trevoh Chalobah; Raheem Sterling, Denis Zakaria, Jorginho, Ben Chilwell; Mason Mount, Kai Havertz; Pierre-Emerick Aubameyang.
Pelatih: Graham Potter

Dinam Zagreb (3-5-2): Dominik Livakovic; Dino Peric, Stefan Ristovski, Josip Sutalo; Sadegh Moharrami, Josip Misic, Luka Ivanusec, Arijan Ademi, Robert Ljubicic; Mislav Orsic, Bruno Petkovic.
Pelatih: Ante Cacic


Berita Lainnya...

Tulis Komentar